CURRICULUM
VITAE
I. IDENTITAS DIRI
1.1
|
Nama Lengkap dan Nama
|
Dra Luh Putu Artini, MA, PhD
|
1.2
|
Jabatan Fungsional
|
Lektor Kepala
|
1.3
|
NIP
|
196407141988102001
|
1.4
|
Tempat dan Tanggal Lahir
|
Denpasar, 14 Juli 1964
|
1.5
|
Alamat Rumah
|
Perum Asri Agung Persada Blok D/4, Jalan Tri Brata, Singaraja, Bali
|
1.6
|
Nomor Telepon/Fax
|
-
|
1.7
|
Nomor HP
|
081337212460
|
1.8
|
Alamat Kantor
|
Prodi Bahasa, Program Pascasarjana Undiksha Singaraja
|
1.9
|
Nomor Telepon
|
Ph. (0362) 32558
|
1.10
|
Alamat email
|
tien_miasa@hotmail.com
|
1.11
|
Lulusan yang telah dihasilkan
|
S1= 24 orang,
S2= 15 orang, S3= 0 orang
|
1.12
|
Mata Kuliah yang diampu
|
· Teaching
English as a Foreign Language (TEFL) (S1)
· Teaching
English for Young Learners (TEYL)
· Developmental
Psychology (S1)
· Bilingualism
and Bilingual Education (S2)
· ELT
Methods (S2)
· Instructional
Design (S2)
|
II.A. RIWAYAT PENDIDIKAN
2.1
|
Program
|
S1
|
S2
|
S3
|
2.2
|
Nama PT
|
FKIP UNUD
|
La Trobe University, Melbourne, Australia
|
Newcastle University, NSW, Australia
|
2.3
|
Bidang Ilmu
|
Pendidikan Bahasa Inggris
|
Applied Linguistics
|
English Education
|
2.4
|
Tahun Masuk
|
1982
|
1992
|
2002
|
2.5
|
Tahun Lulus
|
1986
|
1994
|
2006
|
2.6
|
Judul Skripsi/Thesis/ Disertasi
|
Impact of How Test Items are Graded to Students’ Achievement
|
Style Shifting and Focussing Strategy in Balinese Discourse
|
Learning English in Bali: Investigating Student Beliefs and Language
Learning Strategies
|
2.7
|
Nama Pembimbing/Promotor
|
Drs Sunaryono, MA
Dr D.K Tantra, MSc
|
Prof Barry Blake
|
Prof Doug Absalom
Dr Philip Morgan
Dr Chris Weckert
|
II.B. RIWAYAT PENDIDIKAN TAMBAHAN
No
|
Jenis Pendidikan
|
Panjang waktu
|
Tempat
|
Tahun
|
2.1
|
Short Course: Teaching English for Young Learners
|
1 bulan
|
Indiana University, Bloomington, USA
|
2008
|
2.2
|
Academic Recharging: Bilingual Education
|
1,5 bulan
|
Leuven University, Brussel, Belgia
|
2009
|
III. PENGALAMAN PENELITIAN 3 TAHUN TERAKHIR
No
|
Tahun
|
Judul
|
Pendanaan
|
|
Sumber
|
Jumlah
(Jt Rp)
|
|||
1
|
2015
|
Pengembangan Model Perkuliahan Reading Berkelanjutan Jurusan
Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni UNDIKSHA (Tahun Ke-1)
(Ketua)
|
DIPA
Institusi Undiksha
|
20
|
2
|
2015
|
Pengembangan perangkat Pembelajaran
Bahasa Inggris Berbasis ‘Scientific Approach’ untuk
Sekolah Menengah Pertama di Bali (Ketua)
|
DIPA
Pasca
|
20
|
3
|
2015
|
Pengembangan Model Pembelajaran Mata
Kuliah Microteaching Berbasis Kurikulum 2013 Jurusan Pendidikan Bahasa
Inggris Fakultas Bahasa Dan Seni Undiksha (Tahun Ke-1) (Anggota)
|
DIPA
Institusi
|
20
|
4
|
2015
|
Pengembangan Model Perkuliahan Reading Berkelanjutan Jurusan
Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni UNDIKSHA (Tahun Ke-2)
(Ketua)
|
DIPA
Institusi
|
20
|
5
|
2016
|
Pengembangan Model Pembelajaran Mata
Kuliah Microteaching Berbasis Kurikulum 2013 Jurusan Pendidikan Bahasa
Inggris Fakultas Bahasa Dan Seni Undiksha (Tahun Ke-2) (Anggota)
|
DIPA
Institusi
|
20
|
6
|
2016
|
Studi Penelusuran Alumni Pendidikan Bahasa
Inggris Universitas Pendidikan Ganesha (Anggota)
|
DIPA
FBS
|
15
|
7
|
2017
|
Implementasi Perangkat Pembelajaran Bahasa
Inggris Berpendekatan Sains di Sekolah Menengah Pertama: Analisis Dampak,
Persepsi Guru dan Siswa (Ketua)
|
HB
Institusi
|
20
|
8
|
2017
|
Pengembangan Model Pendidikan Literasi di sekolah
dasar (Anggota)
|
Tim
Pascasarjana
|
150
|
IV. PENGALAMAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT 3 TAHUN TERAKHIR
No
|
Tahun
|
Judul
|
Pendanaan
|
|
Sumber
|
Jumlah
(Jt Rp)
|
|||
1
|
2015
|
Lokakarya pengembangan asesmen otentik sebagai
asesmen proses dan produk untuk guru Bahasa Inggris SMP se
KAbupaten Buleleng (Anggota)
|
DIPA
Institusi
|
7
|
2
|
2015
|
Ibm Usaha Baru Kursus Bahasa Inggris (Ketua)
|
DP2M
Dikti
|
35
|
3
|
2016
|
“Pelatihan Pembelajaran
Inovatif Berbasis Karakter Berdasarkan Kurikulum 2013 Bagi
Guru-Guru Bahasa Inggris SMP, SMA, dan SMK Se Kabupaten Manggarai Barat”
(Ketua)
|
DIPA
Institusi
|
12.5
|
4
|
2017
|
“Pelatihan pembelajaran
berbasis project berdasarkan kurikulum 2013 bagi guru-guru bahasa Inggris SMP
dan SMA se-kabupaten Buleleng” (Ketua)
|
DIPA
Institusi
|
8,5
|
V. PENGALAMAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH DALAM JURNAL 3 TAHUN TERAKHIR
No
|
Tahun
|
Judul
|
Jurnal/Volume/Edisi
|
1
|
2015
|
Asesmen Otentik dan Pendidikan
Bermakna: Implementasi Kurikulum 2013
|
Jurnal
Pendidikan Indonesia
ISSN:
2303-288X
Vol. 4,
No. 1, April 2015
Hal.
499-511
|
2
|
2015
|
Penyelesaian
Studi Tepat Waktu Mahasiswa P.S. Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana
Undiksha: Analisis Faktor Penghambat dan Penunjang.
|
Jurnal
IKA
ISSN:
1829-5282
Vol.13,
No. 1, Maret 2015
Hal.
1-19
|
3
|
2015
|
Using Portfolio Assessment
For Teaching Reading Comprehension To Adult
Learners
|
Proceeding
TEFLIN International Conference “Teaching and Assessing L2 Learners in the 21st century”
ISBN:
978-602-294-066-1
Hal:
921-938
|
4
|
2016
|
Integrating
Universal and Local values in character education in Indonesian Schools
|
Proceeding
The 3rd International Conference on English Across Culture
|
5
|
2016
|
Developing
English Instructional Material for Tour Guides in Bali; Research and
Development Study
|
Proceeding
The 3rd International Conference ‘ICEAC’
|
6
|
2016
|
Mencetak
Guru Bahasa Inggris ‘Postmetodist’ melalui Simulasi Microteaching Kolaboratif
|
Proceeding
Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (Konaspi VIII)
|
7
|
2016
|
Pengembangan
materi reading berkelanjutan untuk pebelajar dewasa: karakteristik dan
kualitas produk
|
Proceeding Seminar Nasional Riset Inovatif
(SENARI)
|
8
|
2016
|
Penyiapan
Alumni Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris menjadi wirausahawan Kursus
|
Jurnal Inovasi dan Aplikasi Teknologi (INOTEK)
ISSN: 1411-3554
Vol. 20, N0.1
Hal: 47-61
|
9
|
2017
|
Creating meaningful EFL activities through
Problem-Based Learning
|
Asia EFL Journal, Conference Edition, Volume 8
|
10
|
2017
|
Bringing scientific procedures into EFL classes:
Material development and pedagogical practice in junior high school
|
International Conference on Learning and
Teaching, Jeju Island, Korea (7-9 April 2017)
|
11
|
2017
|
Rich Language Learning Environment and Young
Learners’ Literacy Skills
|
Lingua Culture (nasional terakreditasi)
P-ISSN: 1978-8118
E-ISSN: 2460-710X
Vol. 11, No. 1, hal: 19-24
|
12
|
2017
|
Project-based learning activities and EFL
students’ productive skills in English
|
Journal of Language Teaching and Research
(SCOPUS)
P-ISSN: 17984769
E-ISSN: 20530684
|
13
|
2017
|
Teaching English to a student with autism
spectrum disorder in regular classroom in Indonesia
|
International Journal of Instruction (SCOPUS)
P-ISSN: 1694-609x
E-ISSN: 1308-1470
Vol. 10, no. 3
|
14
|
2017
|
Incorporating self and peer assessment in
reflective teaching practices
|
International Journal of Instruction (SCOPUS)
P-ISSN: 1694-609x
E-ISSN: 1308-1470
Vol. 10, no. 4
|
15
|
2017
|
The impact of problem-based learning on
productive skills and attitudes toward English language learning
|
Advances in social science, education and
humanities research vol.134, 2nd international conference on
innovative research across disciplines
ISSN: 2352-5398 (Atlantis Press)
|
16
|
2017
|
Project
based learning in EFL classes: material development and impact of
implementation
|
Sudah diaccept di “Dutch Journal of Applied
Linguistics (SCOPUS), sedang proses revisi
|
VI. PENGALAMAN PENULISAN BUKU 3 TAHUN TERAKHIR
No
|
Tahun
|
Judul
|
Penerbit
|
1
|
72015
|
Bilingualisme
dan Pendidikan Bilingual
|
Penerbit:
Graha Ilmu
(ISBN:
978-602-262-351-9)
|
2
|
2015
|
Contemporary
Balinese Cruiseship workers, passangers, and employers
|
Book
Chapter
Penerbit:
Rotledge
ISBN:
978-1-138-01389-6
Hal:
309-327
|
3
|
2017
|
Pengantar
Micro Teaching
|
Penerbit:
PT Rajagrafindo Persada
(ISBN:
978-602-425-185-7)
|
4
|
2017
|
Asesmen
Otentik dalam pembelajaran Bahasa Inggris
|
Penerbit:
PT Rajagrafindo Persada
(ISBN:
978-602-425-186-74)
|
5
|
2017
|
Current
issues in English Education, Linguistics and Literature (sebagai editor dan
contributor)
|
Sedang
review untuk terbit th. 2018
|
VII. PENGALAMAN MENJADI NARASUMBER 3 TAHUN TERAKHIR
No
|
Tahun
|
Judul
|
Judul
Seminar/Workshop
|
Penyelenggara
|
1
|
2015
|
Pengembangan Asesmen Otentik dalam Pelajaran
Bahasa Inggris di SMP se Kab. Buleleng
|
Workshop
Guru-guru Bahasa Inggris se Kabupaten Buleleng
|
Lembaga
Pengabdia Pada Masyarakat UNDIKSHA
|
2
|
2015
|
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan
Pembentukan Karakter melalui Pembelajaran Inovatif di Sekolah
|
Workshop Pengembangan Kualitas Pembelajaran
Melalui Penelitian Tindakan Kelas
|
Klinik Pendidikan bekerjasama dengan Dewan
Pendidikan
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten
Tabanan
21-22 Februari 2015
|
3
|
2015
|
“Pembelajaran Bahasa Inggris Inovatif Berbasis ’Scientific Approach’ di
SMP dan SMA se Kabupaten Tabanan”
|
Workshop
guru-guru Bahasa Inggris SMP dan SMA se Kabupaten Tabanan
14
Desember 2015
|
Lembaga
Pengabdian Pada Masyarakat UNDIKSHA
|
4
|
2016
|
Strategi Pembelajaran Inovatif berbasis Karakter
dalam Implementasi Kurikulum 2013
|
Workshop
guru-guru bahasa Inggris SD, SMP, SMA se Kab. Mnggarai, Flores
10-11
Juni 2016
|
STKIP
Santo Paulus, Ruteng
Flores
|
5
|
2016
|
Project
Based Learning for Beginner EFL Learner
|
3rd Task-Based Language Teaching in Asia
Conference, Kyoto, Japan
|
Task-Based Learning SIG of JALT (25-26 June 2016)
Kyoto, Japan
|
6
|
2016
|
Creating meaningful EFL activities through
Problem-Based Learning
|
TESOL Indonesia International Conference:
Teaching and Learning English in Indonesia-Future Trends and Approaches
|
TESOL ASIA
(Diselenggarakan di Universitas Mataram, 11-13
Austus 2016)
|
7
|
2017
|
Penyusunan Buku Ajar
|
Semiloka Pembuatan buku Ajar dan Modul Praktikum
ber ISBN
|
Institut Seni Indonesia, Bali
9 – 10 Maret 2017
|
8
|
2017
|
Bringing scientific procedures into EFL classes:
Material development and pedagogical practice in junior high school
|
International Conference on Language Teaching
|
Jeju Island, Korea
4-7 April, 2017
|
9
|
2017
|
Collaboration in EFL classes: Listening to
students’ and teachers’ voices
|
International Conference on Educational
Innovation (ICEI)
|
Surabaya, Indonesia,
14 Oktober 2017
|
10
|
2018
|
Project-based learning and writing skill in EFL:
are they related?
|
SHS Web of Conferences
|
SHS Web of Conferences, 2018
|
11
|
2018
|
Instructional materials development through 4D
model
|
SHS Web of Conferences
|
SHS Web of Conferences, 2018
|
12
|
2018
|
Do Learners Like Project in Their English
Classes?: Impact of PBL on Students’ Attitudes
|
SHS Web of Conferences
|
SHS Web of Conferences, 2018
|
13
|
2018
|
Literacy And Reward: Teachers’ Effort To Build
Children Reading Habit
|
SHS Web of Conferences
|
SHS Web of Conferences, 2018
|
No comments:
Post a Comment